Pertanyaan interview kerja & Jawaban Terbaik
Pertanyaan interview kerja & Jawaban Terbaik

10+ Pertanyaan interview kerja dan cara terbaik menjawab pertanyaan interview yang baik dan benar

Diposting pada

Pertanyaan interview kerja / wawancara kerja adalah instrumen kunci dalam proses seleksi karyawan. Kemampuan untuk memberikan jawaban yang baik dan benar dapat menjadi faktor penentu kesuksesan dalam mendapatkan pekerjaan.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Mengetahui cara merespons pertanyaan wawancara kerja dengan efektif, jujur, dan terfokus dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk memberikan kesan positif kepada calon majikan.

Apa saja yg ditanyakan saat interview kerja?

Apa saja yg ditanyakan saat interview kerja
Apa saja yg ditanyakan saat interview kerja

Dalam wawancara kerja, pewawancara dapat menanyakan berbagai pertanyaan wawancara kerja untuk mengevaluasi keterampilan, pengalaman, dan kepribadian calon karyawan. Pertanyaan tersebut dapat mencakup latar belakang pribadi, motivasi, keterampilan teknis, serta kemampuan untuk beradaptasi dan bekerja dalam tim.

Persiapan yang baik untuk berbagai jenis pertanyaan wawancara kerja dapat membantu kandidat memberikan jawaban yang kuat dan meyakinkan, meningkatkan peluang sukses dalam proses seleksi.

Berikut ini Pertanyaan interview kerja dan jawaban yang tepat dalam proses interview kerja :

Pertanyaan interview kerja dan jawaban yang tepat dalam proses interview kerja
Pertanyaan interview kerja dan jawaban yang tepat dalam proses interview kerja

1. Alasan bergabung dengan perusahaan saat interview

Jawaban terbaik untuk pertanyaan interview kerja mengenai alasan bergabung dengan perusahaan dapat bervariasi tergantung pada situasi dan preferensi individu. Namun, berikut adalah contoh jawaban yang dapat memberikan kesan positif kepada pewawancara:

Alasan saya ingin bergabung dengan perusahaan ini sangat erat kaitannya dengan nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh perusahaan. Saya telah melakukan penelitian mendalam dan menyadari bahwa perusahaan ini tidak hanya mengejar kesuksesan finansial, tetapi juga sangat peduli terhadap inovasi, keberagaman, dan tanggung jawab sosial.

Saya percaya bahwa lingkungan kerja yang didorong oleh nilai-nilai positif ini akan memotivasi saya untuk memberikan kontribusi terbaik saya.

Selain itu, saya sangat terkesan dengan pencapaian perusahaan, terutama dalam [sebutkan pencapaian atau proyek tertentu], dan saya yakin bahwa bergabung dengan tim ini akan menjadi langkah yang signifikan dalam mengembangkan karier saya.

Saya percaya bahwa perusahaan ini menyediakan kesempatan luar biasa untuk pertumbuhan pribadi dan profesional, dan saya sangat antusias untuk berkontribusi pada kesuksesan jangka panjang perusahaan ini.

2. Alasan ingin bekerja saat interview

Jawaban terbaik untuk pertanyaan interview kerja mengenai alasan ingin bekerja di perusahaan tersebut akan mencerminkan motivasi, pemahaman yang mendalam tentang perusahaan, dan bagaimana Anda dapat memberikan nilai tambah. Berikut adalah contoh jawaban yang dapat memberikan kesan positif:

“Saya sangat tertarik untuk bekerja di perusahaan ini karena saya melihatnya sebagai tempat yang penuh dengan peluang dan nilai-nilai yang sejalan dengan aspirasi saya.

Saya mengagumi komitmen perusahaan terhadap [sebutkan nilai-nilai atau inisiatif perusahaan], yang menurut saya menciptakan budaya kerja yang positif dan dinamis.

Selain itu, saya telah mengamati pencapaian luar biasa perusahaan, terutama dalam [sebutkan pencapaian atau proyek khusus]. Ini membuktikan bahwa perusahaan ini bukan hanya tempat kerja, tetapi juga tempat di mana ide-ide inovatif diwujudkan.

Selain dari itu, saya percaya bahwa keterampilan dan pengalaman saya, terutama dalam [sebutkan keterampilan atau pengalaman relevan], dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pencapaian tujuan perusahaan.

Selengkapnya  Daftar Disnaker Online dengan Mudah: Panduan Lengkap Cara Daftar AK1 Secara Online

Saya sangat antusias untuk menjadi bagian dari tim yang berdedikasi ini dan berkontribusi pada pertumbuhan perusahaan ini. Saya yakin bahwa bekerja di perusahaan ini akan memberikan peluang besar untuk pengembangan karier saya, dan saya berharap dapat bersama-sama mencapai kesuksesan jangka panjang.”

3. Alasan jika ditanya kenapa ingin bekerja disini

Jawaban terbaik untuk pertanyaan interview kerja tentang alasan ingin bekerja di perusahaan tersebut akan mencakup motivasi, pemahaman yang baik tentang perusahaan, dan bagaimana Anda dapat memberikan kontribusi secara positif. Berikut adalah contoh jawaban yang dapat memberikan kesan positif:

“Saya memiliki alasan yang kuat untuk ingin bekerja di sini. Pertama-tama, saya sangat terkesan dengan reputasi yang luar biasa yang dimiliki perusahaan ini dalam [sebutkan industri atau bidang tertentu].

Saya percaya bahwa menjadi bagian dari tim ini akan memberikan saya kesempatan untuk terus berkembang dan belajar dari para profesional terbaik dalam industri ini.

Selain itu, saya telah melakukan penelitian mendalam dan menyadari bahwa perusahaan ini mendorong inovasi dan kreativitas. Nilai-nilai seperti [sebutkan nilai atau budaya perusahaan] sangat sejalan dengan prinsip-prinsip saya.

Saya percaya bahwa lingkungan kerja yang mendukung inovasi ini akan memotivasi saya untuk memberikan kontribusi maksimal.

Selain faktor-faktor tersebut, saya yakin bahwa pengalaman dan keterampilan saya, terutama dalam [sebutkan keterampilan atau pengalaman yang relevan], dapat membantu perusahaan mencapai tujuannya.

Saya sangat antusias untuk berkontribusi pada kesuksesan perusahaan ini dan terlibat dalam proyek-proyek yang menantang. Dengan menjadi bagian dari tim ini, saya berharap dapat membangun karier saya sambil bersama-sama mencapai tujuan perusahaan ini.”

4. Alasan jika ditanya kenapa melamar di perusahaan ini

Jawaban terbaik untuk pertanyaan interview kerja mengenai alasan melamar di perusahaan tersebut akan mencerminkan pemahaman mendalam Anda tentang perusahaan dan bagaimana Anda dapat memberikan kontribusi. Berikut adalah contoh jawaban yang dapat memberikan kesan positif:

“Saya memilih untuk melamar di perusahaan ini karena saya sangat terinspirasi oleh reputasi perusahaan dalam [sebutkan industri atau bidang tertentu]. Selama penelitian saya, saya menemukan bahwa perusahaan ini memiliki [sebutkan faktor-faktor positif, seperti inovasi, keberlanjutan, atau budaya kerja positif].

Ini memberikan gambaran yang sangat positif tentang lingkungan kerja yang saya percayai dapat mendukung perkembangan karier saya.

Saya juga sangat terkesan dengan [sebutkan inisiatif atau pencapaian spesifik perusahaan]. Saya percaya bahwa menjadi bagian dari tim ini akan memberi saya kesempatan untuk berkontribusi pada proyek-proyek yang signifikan dan belajar dari para profesional berpengalaman di industri ini.

Selain itu, setelah membaca lebih lanjut tentang visi dan misi perusahaan, saya yakin bahwa nilai-nilai perusahaan ini sejalan dengan nilai-nilai saya sendiri. Saya percaya bahwa melalui perusahaan ini, saya dapat terus mengembangkan keterampilan saya dan mencapai tujuan karier yang lebih tinggi.

Saya sangat antusias dengan potensi yang dimiliki perusahaan ini dan sangat berharap dapat menjadi bagian dari kesuksesan jangka panjang perusahaan ini.”

5. Alasan kekurangan dan kelemahan diri saat interview

Pertanyaan interview kerja tentang kekurangan atau kelemahan diri adalah kesempatan untuk menunjukkan kesadaran diri dan kemampuan untuk belajar dan berkembang. Berikut adalah contoh jawaban yang dapat memberikan kesan positif:

“Saya percaya bahwa setiap orang memiliki area di mana mereka dapat terus tumbuh dan belajar. Salah satu kekurangan yang saya sadari tentang diri saya adalah terkadang saya terlalu terfokus pada detail tertentu dan mungkin kehilangan pandangan umum.

Namun, saya menyadari kelemahan ini dan telah mengambil langkah-langkah konkret untuk meningkatkan kemampuan saya dalam melihat gambaran besar.

Saya telah aktif mengikuti pelatihan dan membaca buku-buku tentang manajemen waktu dan prioritas untuk membantu saya tetap fokus pada tujuan yang lebih besar.

Selengkapnya  Ketahui Aturan Lembur Hari Libur dan Kebijakan Aturan Libur Karyawan Dalam Dunia Kerja

Selain itu, saya sadar bahwa kadang-kadang saya terlalu perfeksionis, yang dapat mengakibatkan saya menghabiskan terlalu banyak waktu pada suatu tugas.

Untuk mengatasi ini, saya telah belajar untuk menetapkan batasan waktu yang realistis untuk setiap tugas dan menggunakan umpan balik dari rekan tim untuk memastikan bahwa saya tetap dalam jangka waktu yang efisien.

Saya percaya bahwa dengan mengidentifikasi kekurangan ini dan mengambil tindakan untuk mengatasi mereka, saya dapat terus berkembang sebagai seorang profesional.

Saya melihatnya sebagai kesempatan untuk belajar dan tumbuh, dan saya selalu terbuka untuk menerima umpan balik konstruktif untuk menjadi versi yang lebih baik dari diri saya sendiri.”

6. Alasan kenapa pindah kerja saat interview

Bila Anda ditanya mengenai alasan pindah kerja dalam sebuah pertanyaan interview kerja, penting untuk memberikan jawaban yang terbuka, jujur, dan positif. Berikut adalah contoh jawaban yang dapat memberikan kesan yang baik:

“Saya percaya bahwa perubahan itu adalah bagian yang alami dari perkembangan karier. Saya memiliki beberapa alasan yang mendukung keputusan saya untuk mencari peluang baru. Pertama, saya merasa bahwa saya telah mencapai titik di pekerjaan saya saat ini di mana saya tidak lagi mendapatkan tantangan yang memadai.

Saya mencari lingkungan yang lebih dinamis dan proyek-proyek yang lebih menantang untuk terus mengembangkan keterampilan dan pengalaman saya.

Kedua, setelah melakukan penelitian mendalam tentang perusahaan ini, saya melihat bahwa nilainya dan visinya sepenuhnya sejalan dengan apa yang saya cari dalam karier saya.

Saya yakin bahwa dengan pindah ke perusahaan ini, saya dapat memberikan kontribusi yang lebih besar dan mencapai tujuan karier yang lebih tinggi.

Saya sangat menghargai pengalaman yang saya peroleh selama bekerja di tempat sebelumnya dan saya yakin bahwa pindah ke perusahaan ini akan membantu saya tumbuh secara profesional. Saya percaya bahwa peluang yang ada di perusahaan ini sesuai dengan ambisi dan keinginan saya untuk terus berkembang.”

7. Alasan memilih perusahaan saat interview

Jika Anda ditanya mengenai alasan memilih perusahaan dalam proses pertanyaan interview kerja/wawancara kerja, berikan jawaban yang menunjukkan pemahaman mendalam Anda terhadap perusahaan dan bagaimana Anda dapat berkontribusi. Berikut adalah contoh jawaban yang dapat memberikan kesan positif:

“Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan perusahaan ini karena saya yakin bahwa nilai-nilai perusahaan, visi, dan budayanya sesuai dengan aspek-aspek yang saya anggap penting dalam lingkungan kerja. Saya sangat menghargai [sebutkan nilai atau inisiatif perusahaan] dan melihatnya sebagai indikasi kuat bahwa perusahaan ini peduli terhadap pengembangan karyawan dan keberlanjutan.

Selain itu, saya telah mengikuti perkembangan perusahaan ini dan saya terkesan dengan pencapaian yang telah dicapainya, terutama dalam [sebutkan proyek atau inisiatif spesifik]. Saya yakin bahwa dengan menjadi bagian dari tim ini, saya dapat memberikan kontribusi positif dan ikut serta dalam mencapai tujuan perusahaan.

Selain faktor-faktor tersebut, saya juga sangat tertarik dengan peluang pengembangan karier yang ditawarkan oleh perusahaan ini. [Sebutkan program pelatihan atau kesempatan pengembangan lainnya] adalah hal-hal yang menarik bagi saya karena saya selalu bersemangat untuk terus belajar dan meningkatkan keterampilan saya.

Dengan merangkumnya, saya percaya bahwa perusahaan ini bukan hanya tempat kerja yang sesuai dengan kualifikasi saya, tetapi juga tempat di mana saya dapat terus tumbuh sebagai profesional. Saya sangat antusias dengan peluang untuk berkontribusi pada kesuksesan perusahaan ini.”

8. Apabila ditanya gaji saat interview berikut alasan memilih gaji saat interview

Pertanyaan interview kerja tentang ekspektasi gaji adalah bagian yang penting dalam wawancara kerja. Ketika ditanya mengenai gaji, Anda dapat memberikan jawaban yang mempertimbangkan nilai dan pengalaman Anda, serta memperlihatkan keterbukaan dan kerendahan hati.

Selengkapnya  Cara Membuat Cover Letter Lamaran Kerja yang Memikat Berserta Contoh dalam Bahasa Indonesia dan Inggris

Berikut adalah contoh jawaban yang bisa Anda pertimbangkan:

“Saya menyadari bahwa pertanyaan mengenai gaji adalah hal yang penting dalam pembicaraan ini. Saya telah melakukan penelitian tentang kisaran gaji yang umum di industri ini untuk peran yang serupa, dan saya sangat tertarik untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan.

Selain itu, saya percaya bahwa nilai yang saya bawa ke perusahaan ini, berdasarkan pengalaman saya dalam [sebutkan keterampilan atau industri tertentu], akan memberikan kontribusi yang signifikan pada tim. Saya yakin bahwa dengan memahami nilai kontribusi saya, kita dapat mencapai kesepakatan yang adil dan saling menguntungkan.

Saya juga sangat tertarik dengan potensi pengembangan karier dan kesempatan untuk berkontribusi secara substansial di perusahaan ini. Saya percaya bahwa faktor-faktor ini juga harus dipertimbangkan dalam pembicaraan mengenai paket kompensasi.

Saya terbuka untuk mendengarkan saran atau pertanyaan lebih lanjut yang mungkin Anda miliki mengenai topik ini dan yakin bahwa kita dapat mencapai kesepakatan yang memuaskan kedua belah pihak.”

9. Alasan mencari pekerjaan baru saat interview

Ketika ditanya mengenai alasan mencari pekerjaan baru dalam pertanyaan wawancara kerja, penting untuk memberikan jawaban yang jujur dan positif. Berikut adalah contoh jawaban yang dapat memberikan kesan yang baik:

“Saya memiliki beberapa alasan yang membuat saya mencari peluang baru. Pertama, saya merasa bahwa saya telah mencapai titik di pekerjaan saya saat ini di mana tantangan yang saya hadapi sudah tidak lagi memberikan pertumbuhan dan pengembangan yang saya cari. Saya mencari lingkungan yang lebih dinamis dan proyek-proyek yang lebih menantang untuk terus mengembangkan keterampilan dan pengalaman saya.

Kedua, setelah melakukan penelitian mendalam tentang perusahaan ini, saya melihat bahwa nilai-nilai dan budaya perusahaan ini sejalan dengan apa yang saya anggap penting dalam lingkungan kerja.

Saya percaya bahwa bergabung dengan perusahaan ini akan memberikan saya kesempatan untuk berkontribusi lebih besar dan mencapai tujuan karier yang lebih tinggi.

Saya sangat menghargai pengalaman yang saya peroleh selama bekerja di tempat sebelumnya, dan saya yakin bahwa pindah ke perusahaan ini akan membantu saya tumbuh secara profesional. Saya percaya bahwa melalui perusahaan ini, saya dapat terus mengembangkan keterampilan saya dan mencapai tujuan karier yang lebih tinggi.

Saya sangat antusias dengan peluang yang dimiliki perusahaan ini dan sangat berharap dapat menjadi bagian dari kesuksesan jangka panjang perusahaan ini.”

10. Alasan menolak interview kerja

Mungkin jarang ada situasi di mana Anda ingin memberikan alasan langsung untuk menolak undangan wawancara kerja, karena umumnya lebih baik untuk tetap terbuka dan menjalani wawancara tersebut untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Namun, jika Anda merasa benar-benar tidak dapat melanjutkan proses wawancara, disarankan untuk memberikan jawaban yang sopan dan diplomatis. Berikut adalah contoh jawaban:

“Saya menghargai undangan wawancara ini dan sangat berterima kasih atas kesempatan ini. Namun, setelah pertimbangan yang matang, saya merasa bahwa saat ini saya harus tetap fokus pada komitmen dan tanggung jawab saya yang sudah ada. Ini adalah keputusan sulit bagi saya, dan saya sungguh menghargai pemahaman Anda.”

Jika memungkinkan, lebih baik untuk memberikan alasan yang bersifat umum dan tidak terlalu spesifik. Tetaplah profesional dan hindari memberikan informasi yang terlalu pribadi atau detail yang tidak perlu.

Pertanyaan wawancara kerja adalah kunci dalam proses seleksi
Pertanyaan wawancara kerja adalah kunci dalam proses seleksi

Pertanyaan wawancara kerja adalah kunci dalam proses seleksi, dan cara menjawabnya dengan baik dan benar dapat meningkatkan kesempatan sukses dalam mendapatkan pekerjaan.