Cara Membuat Cover Letter Lamaran Kerja
Cara Membuat Cover Letter Lamaran Kerja

Cara Membuat Cover Letter Lamaran Kerja yang Memikat Berserta Contoh dalam Bahasa Indonesia dan Inggris

Diposting pada

Saat melamar pekerjaan, salah satu dokumen yang penting untuk disertakan adalah cover letter atau surat pengantar. Cover letter merupakan kesempatan bagi Anda untuk memberikan gambaran singkat tentang diri Anda, mengapa Anda tertarik dengan posisi tersebut, dan mengapa Anda cocok untuk posisi tersebut. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan tentang cara membuat cover letter lamaran kerja yang memikat, beserta contoh dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Cara Membuat Cover Letter Lamaran Kerja

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat cover letter lamaran kerja yang efektif:

1. Penelitian dan Pemahaman

Sebelum Anda mulai menulis cover letter, lakukan penelitian tentang perusahaan dan posisi yang Anda lamar. Pahami visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan tersebut. Ketahui juga tanggung jawab dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi tersebut. Hal ini akan membantu Anda menyesuaikan cover letter Anda dengan kebutuhan perusahaan.

2. Format Cover Letter

Gunakan format formal untuk cover letter Anda. Mulailah dengan alamat Anda di bagian atas, kemudian tuliskan tanggal. Setelah itu, tuliskan alamat perusahaan yang Anda lamar di bawah tanggal. Selanjutnya, tuliskan salam pembuka, isi cover letter, dan salam penutup.

3. Salam Pembuka

Salam pembuka cover letter sebaiknya ditujukan kepada orang yang bertanggung jawab atas penerimaan lamaran kerja, misalnya “Kepada Yth. Bapak/Ibu HRD”. Jika Anda tidak mengetahui nama orang tersebut, gunakan salam umum seperti “Kepada Yth. Tim HRD”.

Selengkapnya  Panduan Penulisan dan Contoh Curriculum Vitae Mahasiswa Magang: Contoh CV Magang Mahasiswa

4. Isi Cover Letter

Isi cover letter sebaiknya terdiri dari tiga paragraf yang singkat dan jelas:

  • Paragraf Pertama: Mulailah dengan menyebutkan posisi yang Anda lamar dan sumber informasi lowongan kerja. Jelaskan juga mengapa Anda tertarik dengan posisi tersebut dan perusahaan tersebut.
  • Paragraf Kedua: Jelaskan mengapa Anda cocok untuk posisi tersebut. Ceritakan tentang pengalaman, keterampilan, dan pendidikan yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.
  • Paragraf Ketiga: Sampaikan apresiasi Anda atas kesempatan untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Berikan informasi kontak Anda dan sampaikan harapan Anda untuk dapat menghadiri wawancara.

5. Salam Penutup

Salam penutup cover letter sebaiknya singkat dan profesional. Gunakan salam seperti “Hormat saya” atau “Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu”.

Contoh Cover Letter Bahasa Indonesia Dan Inggris
Contoh cover letter bahasa Indonesia dan Inggris

Struktur dan Contoh Cover Letter dalam Bahasa Indonesia

Berikut adalah contoh cover letter dalam bahasa Indonesia:

Struktur Cover Letter

Sebuah cover letter yang baik harus memiliki struktur yang jelas dan terorganisir. Berikut adalah contoh struktur yang dapat Anda ikuti:

  1. Salutasi: Mulailah dengan menyebutkan nama penerima surat. Jika Anda tidak mengetahui nama penerima, Anda dapat menggunakan salutasi umum seperti “Kepada Tim Rekrutmen” atau “Kepada Manajer HRD”.
  2. Pengenalan: Ceritakan tentang diri Anda secara singkat, termasuk nama, latar belakang pendidikan, dan pengalaman kerja yang relevan.
  3. Motivasi: Jelaskan mengapa Anda tertarik dengan posisi yang dilamar dan perusahaan tersebut. Berikan alasan yang spesifik dan relevan.
  4. Keahlian dan Pengalaman: Gambarkan keahlian dan pengalaman yang Anda miliki yang dapat mendukung posisi yang dilamar. Jelaskan bagaimana keahlian dan pengalaman tersebut dapat memberikan manfaat bagi perusahaan.
  5. Penutup: Sampaikan apresiasi Anda atas kesempatan yang diberikan untuk melamar pekerjaan tersebut. Berikan informasi kontak Anda dan ungkapkan harapan Anda untuk dapat mengikuti tahap seleksi selanjutnya.
  6. Tanda tangan: Akhiri cover letter dengan tanda tangan Anda, diikuti dengan nama lengkap dan kontak yang dapat dihubungi.

Contoh Cover Letter

Berikut adalah contoh cover letter yang dapat Anda gunakan sebagai referensi:

Perihal: Lamaran Pekerjaan sebagai Marketing Executive

Kepada Tim Rekrutmen,

Saya, Maria Dewi, lulusan S1 Manajemen dari Universitas ABC dengan pengalaman kerja selama 3 tahun di bidang pemasaran. Saya sangat tertarik dengan posisi Marketing Executive yang saat ini dibuka di perusahaan Anda.

Saya memiliki keahlian dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif dan meningkatkan brand awareness. Selama bekerja di perusahaan sebelumnya, saya berhasil meningkatkan penjualan sebesar 20% dengan mengimplementasikan kampanye pemasaran yang inovatif.

Saya yakin bahwa dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja saya, saya dapat memberikan kontribusi yang positif bagi perusahaan. Saya memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kreativitas dalam menghasilkan ide-ide pemasaran, dan kemampuan untuk bekerja dalam tim.

Saya sangat antusias untuk bergabung dengan perusahaan Anda dan berkontribusi dalam mencapai tujuan pemasaran perusahaan. Saya berharap dapat diberikan kesempatan untuk mengikuti tahap seleksi selanjutnya.

Terlampir, saya sertakan resume dan daftar referensi untuk referensi lebih lanjut. Untuk informasi lebih lanjut, saya dapat dihubungi melalui email maria.dewi@email.com atau melalui nomor telepon 08123456789.

Sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kesempatan ini.

Hormat saya,

Maria Dewi

Struktur dan Contoh Cover Letter dalam Bahasa Inggris

Berikut adalah contoh cover letter dalam bahasa Inggris:

Selengkapnya  Jika Ditanya Gaji saat Interview untuk Fresh Graduate, Berikut Jawabannya

Struktur Cover Letter

Ada beberapa bagian penting dalam sebuah cover letter yang harus diperhatikan:

1. Header

Header berisi informasi kontak pribadi, seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email.

2. Salutation

Salutation adalah ucapan pembuka yang ditujukan kepada penerima surat. Misalnya, “Dear Hiring Manager” atau “Dear [Nama Perusahaan] HR Team”.

3. Paragraf Pembuka

Paragraf pembuka berisi pengenalan diri dan tujuan penulisan cover letter. Jelaskan posisi yang kamu lamar dan bagaimana kamu mengetahui lowongan tersebut.

4. Paragraf Utama

Paragraf utama adalah bagian yang paling penting dalam cover letter. Gunakan paragraf ini untuk menjelaskan mengapa kamu tertarik dengan posisi tersebut dan mengapa kamu cocok untuk posisi tersebut. Jelaskan pengalaman, keterampilan, dan pencapaian yang relevan dengan posisi yang kamu lamar.

5. Paragraf Penutup

Paragraf penutup berisi rekapitulasi mengenai minat kamu terhadap posisi tersebut dan mengapa kamu merasa cocok untuk perusahaan tersebut. Juga sampaikan apresiasi atas waktu dan perhatian yang diberikan.

Selengkapnya  Memahami Peran Community Officer BTPN Syariah: Job Desk, Pengalaman, dan Seragam yang Menginspirasi

6. Complimentary Close

Complimentary close adalah ucapan penutup yang sopan, seperti “Sincerely” atau “Best regards”.

7. Tanda Tangan

Tanda tangan berisi nama lengkap dan tanda tangan fisik.

Contoh Cover Letter dalam Bahasa Inggris

Berikut ini adalah contoh cover letter dalam Bahasa Inggris:

[Nama Lengkap] [Alamat] [Nomor Telepon] [Alamat Email]

[Tanggal]

Dear Hiring Manager,

Saya menulis ini untuk mengungkapkan minat saya yang besar terhadap posisi [Nama Posisi] di [Nama Perusahaan]. Saya sangat antusias dengan kesempatan untuk bergabung dengan tim yang hebat di perusahaan Anda.

Saya memiliki pengalaman selama [jumlah tahun] dalam industri ini, dengan fokus utama pada [bidang spesialisasi]. Selama waktu saya bekerja di [nama perusahaan sebelumnya], saya berhasil mencapai [pencapaian terkait]. Saya percaya bahwa pengalaman dan keterampilan ini akan sangat berguna dalam posisi [Nama Posisi] di [Nama Perusahaan].

Saya juga memiliki keterampilan yang kuat dalam [keterampilan terkait]. Saya sangat tertarik dengan [aspek tertentu dari perusahaan] dan percaya bahwa nilai-nilai saya sejalan dengan nilai-nilai perusahaan Anda.

Saya sangat antusias untuk berkontribusi dan belajar lebih banyak di perusahaan Anda. Saya yakin bahwa dengan kombinasi pengalaman, keterampilan, dan motivasi saya, saya akan menjadi aset yang berharga bagi tim Anda.

Terlampir, saya sertakan resume saya yang rinci. Saya sangat berharap untuk memiliki kesempatan untuk membahas lebih lanjut mengenai bagaimana saya dapat berkontribusi pada perusahaan Anda.

Terima kasih atas perhatian Anda. Saya berharap dapat mendengar kabar baik dari Anda segera.

Sincerely,

[Nama Lengkap]

Kesimpulan Menulis cover letter

Menulis cover letter lamaran kerja yang memikat adalah langkah penting dalam proses melamar pekerjaan. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas dan menggunakan contoh-contoh cover letter dalam bahasa Indonesia dan Inggris, Anda dapat membuat cover letter yang efektif dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Selamat mencoba!